Pro Kontra Bisnis Online (ecommerce) Asing di Indonesia

14 Des 2014
Kehadiran Bisnis ecommerce asing ke Indonesia menimbulkan pro kontra yang terus bergulir.
Onno W Purbo, salah seorang pakar IT indonesia ikut berkomentar seputar persoalan ini.
Menurut pendapat Onno terkait masuknya bisnis ecommerce asing ke pasar Indonesia dan perpajakannya, Bagaimanapun Pemerintah diminta harus tetap berpihak pada lokal.


"Karena itu perlu adanya aturan yang jelas dibuat oleh pemerintah, secepatnya. Agar kehadiran bisnis ecommerce asing tersebut tidak merugikan bisnis di tanah air." tegasnya.

Peraturan  yang sebaiknya dibuat semisal  untuk mengatur peredaran bisnis online (ecommerce) asing di Indonesia. Meskipun mungkin akan sulit dalam penerapannya,
Pemerintah juga sebaiknya segera mengajukan peraturan Perundangan mengenai Sektor keamanan Bisnis Online, karena hal ini sangat Vital. Aturan-aturan ini tidak dimaksudkan untuk mempersulit.

"Jujur saja sih kita kekurangan orang pinter karena kurikulumnya para kampus-kampus, mending ngajarin ekonomi dan sosial daripada teknik," ungkap Onno W. Purbo selaku Pakar Teknologi dan Informasi Indonesia saat dihubungi Sindonews, Rabu (26/11/2014).

Onno menilai, saat ini untuk membangun perusahaan harus memenuhi banyak persyaratan.

"Belum apa-apa sudah dimintai pajak ini itu, belum palakan. Jujur saja teman-teman saya lebih suka bikin perusahaan di Singapore. Soalnya di sana syarat mudah, gampang, nggak ribet belum lagi dikasih bebas pajak dulu," pungkasnya.


sumber