Tips Bisnis: Berikan Jaminan Keamanan kepada Pelanggan

14 Des 2014
Merebaknya  bisnis jual beli secara online di rentang waktu dua dekade ini semakin membuka peluang serta kemudahan bagi pihak seller maupun buyer.

Akan tetapi, walaupun telah berjalan sekitar 20 Tahun, masih ada ketakutan-ketakutan pada masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal tersebut adalah faktor penting yang sebaiknya diperhatikan oleh para pelaku bisnis online( ecommerce), yakni mencari solusi bagaimana agar para calon pembeli mendapat jaminan keamanan sehingga merasa nyaman saat berbelanja di online shop yang mereka kelola.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh NCC GROUP, menunjukan bahwa 77 persen dari responden yang mereka survey menunjukan bahwa masyarakat tidak lagi merasakan keamanan saat melakukan transaksi pembelian melalui situs jual beli online. Hal tersebut sangat penting diperhatikan oleh para pelaku bisnis online.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh para pelaku Bisnis Online guna memberikan rasa aman bagi calon pelanggannya?

Prioritaskan Sistem Keamanan

Keamanan bertransaski sangat penting. Menggunakan sistem keamanan yang baik pada toko online anda selain memberi jaminan dalam hal security juga akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Jika anda tidak ahli dalam hal tersebut, anda bisa menyewa pihak ke-3 untuk mengurusnya.

Hal ini sangat penting, terutama pada musim liburan seperti saat ini. Tentu Anda tidak ingin jika di musim liburan seperti saat ini bisnis online Anda justru sepi karena orang tidak percaya untuk berbelanja di tempat Anda.

Selain itu, menurut Satnam Narang, manajer respon keamanan senior di perusahaan perangkat lunak Symantec, mengatakan bahwa mereka yang berbisnis online juga harus memeriksa server secara berkala.

Jangan Hanya Menggunakan satu Lapis keamanan

Tidak ada salahnya menggunakan beberapa lapis keamanan untuk  lebih memastikan jaminan keamanan bagi  Pelanggan, Seperti misalnya menggunakan beberapa langkah Otentifikasi pada saat transaksi login dan pembayaran

Publikasikan Sistem Keamanan Toko Online Anda

Setelah langkah-langkah keamanan diterapkan pada situs Online anda. Buatlah Publikasi, bisa dengan Baner, atau atau pengumuman sederhana agar pelanggan anda tahu anda berusaha memberikan jaminan keamanan yang maksimal bagi pelanggan anda. Publikasi  seperti ini penting juga untuk menarik  Calon Pelanggan Potensial untuk bertransaksi di Toko Online anda.

sumber